BAGIAN² KOMPUTER, JENIS², CARA KERJA , DAN KEGUNAAN KOMPUTER DALAM SEBAGAI HASIL INDUSTRI CANGGIH BAIK BIDANG PERDAGANGAN, PENDIDIKAN, INDUSTRI, DAN BIOTEKNOLOGY.

BAGIAN² KOMPUTER, JENIS², CARA KERJA , DAN KEGUNAAN KOMPUTER DALAM SEBAGAI HASIL INDUSTRI CANGGIH BAIK BIDANG PERDAGANGAN, PENDIDIKAN, INDUSTRI, DAN BIOTEKNOLOGY.

> BAGIAN - BAGIAN KOMPUTER

Bagian-Bagian Komputer

1. Casing

Casing merupakan salah satu perangkat keras yang berguna sebagai rumah dari seluruh perangkat yang ada di dalam komputer. Fungsi casing juga untuk melindungi perangkat di dalamnya agar tidak terkena debu maupun kotoran. Beberapa perangkat yang ada di dalam casing seperti motherboard, RAM, prosesor, power supply, dan lain sebagainya.

2. Motherboard

motherboard merupakan rumah untuk beberapa perangkat inti di dalam komputer dan menjadi sebuah wadah dan jalur. Beberapa hardware yang ada di dalam motherboard seperti RAM, prosesor, heatsink, dan lain sebagainya.

3.CPU 

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang merupakan bagian atau tempat untuk memproses data.CPU merupakan sebuah otak yang berperan dalam memproses semua perintah yang diberikan oleh pengguna. CPU memiliki peran penting dalam mengatur dan mengendalikan semua aktivitas komputer, baik menerima maupun mengeluarkan inputnya ke layar.

4. RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang mana bagian komputer yang satu ini memiliki peranan yang tak kalah penting dengan prosesor atau CPU. 

5. VGA Card

VGA atau Video Graphics Array adalah nama lain dari kartu grafis. Kartu grafis ini merupakan media penyimpanan grafis yang mana ia menerima perintah dari prosesor untuk memproses data yang kemudian ditampilkan dalam bentuk visual. 

6. Monitor

Montor adalah bagian komputer yang berperan sebagai penampil gambar atau output. Ada tiga jenis monitor yang ada. Yang pertama dinamakan monitor tabung, kedua dinamakan LCD, dan yang ketiga dinamakan sebagai LED.

7. LAN / Wi-Fi Card

Kedua hardware komputer ini berguna untuk menghubungkan antara komputer ke sambungan LAn atau Wi-Fi.

8. Sound Card

Sound card juga merupakan bagian komputer yang digunakan untuk menampilkan output berupa suara atau sound. 

9. Hardisk / SSD

Hardisk merupakan bagian yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen.

10. Optical Drive

Optical Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang bersifat eksternal. Artinya meskipun perangkat ini tidak dipasang pun komputer Anda tetap bisa berjalan. 

11. Power Supply

Power Supply adalah bagian yang juga memiliki pengaruh besar terhadap jalannya komputer. Sama halnya dengan namanya, PSU atau Power Supply berfungsi sebagai tempat atau wadah penerima daya listrik ketika komputer Anda pertama kali dicolokkan.

12. Keyboard / Mouse

Keyboard atau mouse adalah dua perangkat keras komputer yang termasuk perangkat input. Kedua perangkat ini juga merupakan perangkat eksternal sehingga meskipun komputer Anda tidak dipasangi salah satu atau keduanya, tetap bisa berjalan dengan baik.

> JENIS-JENIS KOMPUTER

1. Personal Computer (PC)

Walaupun sebenarnya Mac juga adalah PC, kebanyakan orang salah kaprah dan merasa bahwa PC adalah sistem yang menjalankan sistem operasi Windows. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena komputer ini dibangun pada skala yang lebih kecil daripada sistem besar yang digunakan oleh kebanyakan bisnis.

2. Desktop

PC yang tidak bisa dibawa kemana-mana disebut desktop. Desktop dimaksudkan untuk pemakaian di tempat yang permanen. Kebanyakan desktop menawarkan lebih banyak kekuatan, penyimpanan dan fleksibilitas dengan biaya yang lebih murah daripada komputer portable.


3. Laptop

Laptop juga sering disebut dengan istilah notebook. Laptop adalah komputer portable yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk atau trackball, prosesor, memori dan hard drive dalam satu paket yang dioperasikan dengan baterai.


4. Netbook

Netbook adalah komputer ultra-portable yang lebih kecil dari laptop tradisional. Harganya lebih murah dari sebagian besar laptop. Namun, komponen internal netbook kurang kuat jika dibandingkan dengan laptop.


5. PDA

PDA (Personal Digital Assistant) adalah komputer yang terintegrasi yang lebih sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan data. 

6. Workstation

Tipe lain dari komputer adalah workstation, yaitu desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kemampuan untuk melakukan beberapa kelompok tugas, misalnya 3D Graphics atau pengembangan game.


7. Server

Server adalah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar.


8. Mainframe

Pada awal-awal ditemukannya komputer, mainframe adalah komputer yang sangat besar yang bisa mengisi seluruh ruangan. Karena ukuran komputer telah berkurang sementara kekuatannya ditingkatkan, mainframe kini digunakan sebagai istilah, terutama di perusahaan besar, untuk menggambarkan mesin besar pengolahan jutaan transaksi setiap hari.


9. Supercomputer

Jenis komputer ini biasanya berharga ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa supercomputer adalah satu sistem komputer, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Supercomputer paling terkenal adalah yang dibangun oleh Cray Supercomputers.

10. Wearable computer

Wearable computer atau komputer yang bisa dikenakan pada dasarnya adalah aplikasi komputer umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) yang diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, visor dan bahkan pakaian.

> CARA KERJA KOMPUTER

1. Pemasukan (Input)

Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui perangkat input. Contoh dari peralatan masukan (input device) seperti keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang berada diolah. Seperti keyboard hal nya, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan berada.

2. Pemrosesan (Proses)

Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan muncul. Tahap proses ini dilakukan oleh perangkat pengolah yaitu CPU. CPU mana yang dapat melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih awal yang begitu rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.


3. Pengeluaran (Output)

Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan yang dimasukkan, kemudian datang oleh CPU akan sesuai dengan kondisi tersebut. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas atau pun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar melalui monitor maupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, proyektor, printer, dll.


4. Penyimpanan (Storage)

Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (perangkat penyimpanan) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah datang tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu jika ingin mencetak data tersebut.

>  KEGUNAAN KOMPUTER DALAM BIDANG INDUSTRI CANGGIH.

Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan semikonduktor khususnya silicon.


Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisinis. Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya perusahaan topi bodir dapat memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragam dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Di perusahaan dagang seperti department store telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja. Di bidang pendidikan, selain dijumpai sebagai alat bantu pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak. Beragam obat baik untuk keperluan kesehatan manusia maupun pertanian dan peternakan telah banyak dipergunakan oleh masyarakat. Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi ini. Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawat angkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam dan sulit dilakukan oleh seorang pilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara otomatis sehingga bisa terbang dengan selamat di tujuan.
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management

KOMODITAS SATWA HARAPAN

MEDIA SOSIAL DAN RUANG LINGKUPNYA